Search
Close this search box.

We are creating some awesome events for you. Kindly bear with us.

Eksklusif! Meningkatkan Ekonomi Digital Malaysia Menuju Penguatan Ekosistem

Transformasi digital merupakan perubahan besar bagi organisasi saat ini karena berdampak pada produktivitas dan pertumbuhan suatu organisasi itu sendiri. Menjadi sangat penting bagi organisasi untuk tetap unggul dalam persaingan digital ini. Di Malaysia sendiri, mereka sudah mengalami transformasi digital, memberdayakan ekonomi, dan memperkuat lingkungan digital di setiap aspek.

Transformasi digital tidak hanya sekadar mengadopsi teknologi baru, tetapi juga melibatkan perubahan budaya, proses, dan strategi organisasi. Organisasi yang berhasil melalui transformasi digital dapat mengoptimalkan operasional mereka, meningkatkan efisiensi, dan memanfaatkan peluang-peluang baru yang ditawarkan oleh teknologi.

Selain itu, transformasi digital juga membuka peluang baru bagi organisasi dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik, mengembangkan model bisnis baru, dan meningkatkan daya saing. Dengan adopsi teknologi yang tepat, organisasi dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan, meningkatkan personalisasi, dan memperluas jangkauan pasar mereka.

Di Malaysia, transformasi digital telah membawa dampak positif yang signifikan. Melalui digitalisasi, sektor ekonomi dapat meningkat melalui adopsi teknologi yang inovatif. Ini mencakup penggunaan e-commerce yang semakin luas, pengembangan aplikasi berbasis digital, dan transformasi proses bisnis yang efisien.

Selain itu, transformasi digital telah memperkuat lingkungan digital di Malaysia. Infrastruktur telekomunikasi yang maju dan akses internet yang luas telah mendorong pertumbuhan ekosistem digital yang kuat. Inisiatif pemerintah, seperti Program Transformasi Digital Nasional, juga telah membantu dalam mempercepat adopsi teknologi digital di seluruh negara.

Dalam konteks ini, organisasi di Malaysia perlu terus beradaptasi dan berinovasi dalam menghadapi tantangan dan peluang yang ditawarkan oleh transformasi digital. Mereka harus memprioritaskan investasi dalam teknologi yang relevan, mengembangkan keterampilan digital di antara karyawan mereka, dan menjalin kemitraan strategis dengan pemangku kepentingan digital lainnya.

Dengan memanfaatkan transformasi digital secara efektif, organisasi di Malaysia dapat mempercepat pertumbuhan mereka, memperluas jangkauan pasar, dan mendorong inovasi yang berkelanjutan. Transformasi digital bukanlah hanya sekadar kebutuhan, tetapi juga sebuah kesempatan bagi organisasi untuk mencapai keunggulan kompetitif dalam era digital yang terus berkembang.

Malaysia OpenGov Leadership Forum ke-8 yang diselenggarakan pada tanggal 22 Juni 2023 di Double Tree by Hilton Putrajaya Lakeside, Malaysia, berfokus pada transformasi dan pengimplementasian teknologi di berbagai industri untuk mendorong peningkatan ekosistem ekonomi digital di Malaysia.

Salam Pembuka

Mohit Sagar: Untuk menciptakan negara yang pintar, dibutuhkan organisasi yang dapat merangkul teknologi ke dalam pelayanannya

Sejak meraih kemerdekaan pada tahun 1957, Malaysia berhasil melakukan diversifikasi ekonomi dari yang awalnya berbasis pertanian dan komoditas menjadi tuan rumah sektor manufaktur dan jasa yang kuat. Semakin berkembangnya zaman ke ranah ekonomi digital, Malaysia mulai aktif bertransformasi menjadi negara pintar dengan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan berbagai sektor, seperti keuangan, kesehatan, maupun pendidikan.

Di bidang pendidikan, terdapat penekanan yang kuat pada pendidikan STEM (Science, Technology, Engineering, dan Mathematics) dan integrasi teknologi untuk pengalaman pembelajaran yang menarik. Sistem kesehatan mengalami revolusi dengan analitik data, kecerdasan buatan, dan telemedisin yang memungkinkan layanan kesehatan personalisasi. Transportasi sedang ditingkatkan melalui investasi dalam solusi mobilitas pintar, termasuk kendaraan otonom dan sistem transportasi publik yang efisien. Sektor keuangan mengalami transformasi digital, dengan transaksi yang beralih ke online, inovasi fintech, dan fokus pada keamanan siber.

Mohit Sagar, CEO dan Kepala Redaktur OpenGov Asia, mengatakan bahwa keberlanjutan menjadi prioritas utama untuk ketahanan dan keberlangsungan sebuah negara. Melalui pengimplementasian teknologi yang optimal dan pemberdayaan sumber daya yang diimbangi dengan sistem yang keberlanjutan (sustainability) dapat menghasilkan ketahanan negara yang kuat.

Menuju sebuah negara pintar, Malaysia harus memenuhi kebutuhan warganya terlebih dahulu. Maslow, dalam teori hierarkinya, menggambarkan bahwa manusia sejatinya memerlukan 5 kebutuham dasar dalam kesehariannya. Teori tersebut disusun dalam struktur piramida.

Pada bagian dasar piramida terdapat kebutuhan fisiologis, seperti makanan, air, dan tempat tinggal, yang sangat penting untuk kelangsungan hidup. Tingkatan berikutnya adalah kebutuhan akan keamanan, termasuk keamanan fisik, stabilitas, dan rasa aman. Tingkatan ketiga adalah kebutuhan akan cinta dan rasa memiliki, yang mencakup hubungan sosial, persahabatan, dan kedekatan emosional. Tingkatan keempat adalah kebutuhan akan harga diri, termasuk harga diri sendiri dan penghargaan dari orang lain. Pada puncak piramida terdapat kebutuhan akan aktualisasi diri, yang melibatkan mencapai potensi penuh dan meraih pertumbuhan pribadi dan pemenuhan diri. Maslow menekankan bahwa seorang individu harus memenuhi kebutuhan pada tingkatan yang lebih rendah dalam hierarki sebelum mereka dapat naik ke tingkatan yang lebih tinggi.

Melihat hal ini, Mohit percaya bahwa sangat penting bagi mereka untuk dapat mengimplementasikan teknologi secara optimal guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas suatu organisasi. Dengan mengadopsi pendekatan yang berfokus pada penggunaan teknologi dalam konteks yang tepat, organisasi dapat mencapai tujuan mereka dengan lebih baik. Mohit meyakini bahwa teknologi yang diterapkan dengan baik bukan hanya dapat meningkatkan operasional internal, tetapi juga memberikan manfaat yang signifikan bagi pelayanan publik.

Dalam konteks pelayanan publik, implementasi teknologi yang tepat dapat memungkinkan peningkatan aksesibilitas, kecepatan, dan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Misalnya, dengan menggunakan teknologi digital, layanan publik dapat diakses secara online, mengurangi kebutuhan fisik untuk berinteraksi dengan instansi pemerintah, dan memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi masyarakat. Selain itu, teknologi juga dapat membantu meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan keandalan dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Penting bagi organisasi untuk mengalokasikan dana yang cukup untuk pengembangan dan peningkatan sistem IT mereka. Investasi dalam teknologi dan infrastruktur yang tepat akan membantu organisasi menghadapi tantangan yang kompleks dalam era digital ini. Selain itu, peningkatan sistem IT juga membutuhkan pemeliharaan dan pengembangan yang berkelanjutan, sehingga perlu adanya alokasi dana yang memadai untuk memastikan kelancaran operasional dan peningkatan kemampuan teknologi.

Tidak memfokuskan hal-hal dasar seperti pengadaan teknologi yang optimal guna meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja untuk pelayanan publik yang lebih baik adalah langkah yang kurang tepat untuk dilakukan di era sekarang ini. Mari belajar dari kasus kegagalan Southwest Airlines selama musim liburan.

Kasus kegagalan Southwest Airlines selama musim liburan merupakan insiden yang mengakibatkan pembatalan penerbangan serta kejadian penumpang terjebak. Insiden ini menunjukkan pentingnya menjaga dan memperbarui investasi sistem teknologi inti yang mendasar bagi perusahaan. Hal ini memperkuat argumen bahwa organisasi perlu memberikan perhatian yang cukup terhadap fondasi teknologi agar dapat menghindari kekacauan dan menghadirkan pengalaman pelanggan yang baik.

Lebih jauh yaitu pembelajaran dari pengalaman pribadi Mohit sendiri. Mohit percaya bahwa pelayanan publik adalah segalanya. Baginya, rumah sakit yang baik bukanlah yang memiliki bangunan dan ruangan berbintang lima, tetapi adalah rumah sakit yang dapat memberikan pengalaman pasien yang lebih baik.

Di Amerika sendiri, baru baru ini Biden-Harris mengumumkan untuk memperkuat keamanan digital bagi warganya melalui kecerdasan buatan (AI), terutama dalam segi perbankan. Kemunculan negara-negara BRICS sebagai blok ekonomi baru memiliki implikasi signifikan terhadap keamanan keuangan global dan peran dolar dalam ekonomi global. Saat negara-negara ini terus tumbuh dan memperluas pengaruh ekonomi mereka, penting bagi pemerintah dan lembaga keuangan untuk beradaptasi dan merespons perubahan ini guna memastikan stabilitas keuangan jangka panjang.

Akan tetapi, perlu diketahui pula bahwa dalam proses transformasi digital ke dalam pelayanan publik, tentu bukan sebuah proses yang hanya memakan waktu semalam. Josephine Teo pernah mengutip, “Digital First, but not Digital Only”.

Dari kutipannya tersebut, Teo menunjukkan bahwa jika ingin menjadi “digital first” dengan memanfaatkan potensi inovasi dan produktivitasnya, maka penting untuk tidak melupakan bahwa ada orang-orang yang mungkin tidak memiliki akses atau keterampilan digital yang memadai. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa tidak semua layanan hanya tersedia secara digital, tetapi juga menyediakan opsi non-digital bagi mereka yang membutuhkannya.  Dengan demikian, pendekatan “digital first, but not digital only” diharapkan dapat menciptakan kesetaraan akses dan penerimaan teknologi digital dalam masyarakat.

“Karena sejatinya negara yang pintar adalah di mana warga negara dan bisnis dapat menikmati dan mengatur pengalaman mereka sendiri. terutama melalui teknologi,” Tekan Mohit.

Dalam pengimplementasiannya, Mohit menekankan pada 6P: People, Product, Process, Prioritisation, Perseverance, dan Partnerships. Pendekatan ini memainkan peran penting dalam membangun model operasional TI yang efektif dan merangkai tim yang sukses.

Dunia yang semakin digital menantang organisasi dengan peluang dan tantangan. Di satu sisi, mereka harus merangkul teknologi baru seperti AI dan pembelajaran mesin untuk tetap kompetitif dan memenuhi tuntutan pelanggan dan masyarakat. Di sisi lain, mereka juga harus menghadapi berbagai isu terkait keamanan, kepatuhan, dan kedaulatan data.

Untuk berhasil di lingkungan adaptif, organisasi harus mengadopsi pendekatan holistik yang seimbang antara inovasi dan manajemen risiko. Ini berarti memanfaatkan arsitektur cloud-native untuk AI dan pembelajaran mesin, sambil menerapkan praktik manajemen data yang kuat untuk melindungi informasi sensitif dan memastikan kepatuhan terhadap regulasi.

Pada saat yang sama, organisasi juga harus memeluk paradigma baru untuk keamanan siber, seperti Zero Trust CDR, yang dapat membantu mencegah serangan siber dan pelanggaran data. Mereka harus memodernisasi infrastruktur digital mereka untuk memungkinkan keberagaman, skalabilitas, dan keberlanjutan yang lebih besar. Mereka juga harus memeluk observability dan AIOps untuk meningkatkan ketahanan TI.

Namun, faktor yang paling penting dalam persamaan ini adalah manusia. Organisasi harus memberdayakan karyawan dan warga dengan alat yang mereka butuhkan untuk mendorong inovasi dan transformasi digital, seperti alat pengembangan kode rendah. Dengan melakukannya, mereka dapat memanfaatkan kekuatan inovasi yang dipimpin oleh warga dan membayangkan kembali masa depan layanan warga cerdas melalui automasi cerdas.

Pada akhirnya, transformasi digital adalah tentang peluang dan tantangan. Dengan merangkul teknologi terkini dan praktik terbaik, organisasi dapat mencapai kesuksesan baru dan memenuhi kebutuhan dunia yang terus berubah. Namun, untuk melakukannya, mereka juga harus menghadapi risiko dan pertimbangan yang kompleks serta bersedia beradaptasi dan berevolusi dalam menanggapi tantangan dan peluang baru.

Salam Pembuka

Mengakselerasikan Ekonomi Digital: Perspektif Sektor Publik

Siti Sapura Binti Raffee: Digitalisasi memainkan peran penting bagi sektor publik untuk meningkatkan perekonomian digital di Malaysia melalui aksesibilitas pelayanan publik

Rancangan Strategi Ekonomi Digital Malaysia menargetkan agar 100% pegawai memiliki literasi digital yang baik, serta 80% layanan pemerintah diterapkan secara online dari awal hingga akhir pada tahun 2025. Lebih jauh, kerangka strategi menyatakan bahwa di tahun 2023, seluruh kementerian dan agensi akan menyediakan pembayaran tanpa uang (cashless) dan penyimpanan yang terintegrasi (cloud storage), dan ini direncanakan akan mencapai 80% pengguna di seluruh lembaga pemerintah.

Pemodernan Administrasi dan Perencanaan Manajemen Malaysia (MAMPU),  sebuah agensi di bawah naungan Perdana Menteri Malaysia yang bertanggung jawab untuk mempercepat pemodernan administrasi dan pengurusan dalam sektor awam di Malaysia, memiliki peran penting dalam mengakselerasikan ekonomi digital di Malaysia. Siti Sapura Binti Raffee, Konsultan ICT Utama, Divisi Konsultasi ICT, MAMPU menyatakan bahwa kebijakan yang terintegrasi dengan teknologi adalah penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama dalam sisi pelayanan publik.

“Digitalisasi menjadi hal yang krusial bagi kementerian dan lembaga untuk memberikan layanan digital kepada warga negara dan meminimalkan transaksi fisik dan tatap muka, serta meningkatkan layanan online yang terintegrasi dan menyeluruh,” terangnya.

MAMPU sebagai lembaga yang memimpin dalam digitalisasi harus memastikan semua lembaga dapat meningkatkan layanan pengiriman mereka yang berfokus pada konsep pelayanan terintegrasi dan inklusif “whole of government“, data pemerintah yang terbuka, keamanan siber, dan adopsi teknologi yang baru muncul. Hal ini penting untuk meningkatkan peringkat Malaysia terutama dalam Indeks Layanan Online (OSI), yang dievaluasi sebagai salah satu komponen dalam Indeks Pembangunan Pemerintahan Elektronik Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN-EGDI) setiap dua tahun.

Pada tahun 2020, OSI Malaysia menduduki peringkat ke-24 dari 193 negara yang berpartisipasi. MAMPU bertanggung jawab untuk memastikan semua lembaga bekerja sama secara kolaboratif untuk meningkatkan indeks OSI ke level yang lebih tinggi pada tahun 2023.

Untuk mencapai upaya digitalisasi dalam lingkup lembaga pemerintah, Siti menjelaskan beberapa strategi yang dapat diambil untuk mencapai peningkatan digital ekonomi di Malaysia. Strategi pertama adalah dengan melibatkan pemerintah dalam menginvestasikan platform digital guna menciptakan kemampuan pelayanan yang lebih baik di sektor publik.

Investasi dalam platform digital akan memberikan fondasi yang kuat untuk transformasi digital di dalam lembaga pemerintah. Dengan memiliki infrastruktur digital yang andal dan canggih, lembaga-lembaga pemerintah dapat meningkatkan efisiensi operasional mereka, mempercepat proses pengambilan keputusan, dan meningkatkan kualitas layanan yang mereka berikan kepada masyarakat.

Strategi kedua, penting bagi pemerintah Malaysia untuk berfokus pada inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan strategi berkelanjutan dalam sektor publik. Dalam konteks ini, inovasi dapat menjadi kunci dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang muncul dalam era digital.

Salah satu inovasi yang dapat diterapkan adalah penggunaan teknologi hijau atau green technology dalam penyediaan layanan publik. Dengan memanfaatkan teknologi yang ramah lingkungan, pemerintah dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan mendorong keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam. Contohnya, penggunaan energi terbarukan dalam operasional pemerintah atau pengembangan infrastruktur pintar yang mengoptimalkan penggunaan energi.

Selain itu, inovasi dalam penerapan kebijakan e-government juga menjadi aspek penting. Pemerintah dapat mengadopsi teknologi baru seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan analitik data untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengambilan keputusan.

Strategi ketiga yaitu pemerintah harus memprioritaskan peningkatan layanan publik dengan mengadopsi digitalisasi. Melalui perluasan layanan pemerintah yang terintegrasi secara online, seperti aplikasi pendaftaran online, pembayaran pajak elektronik, dan pengajuan dokumen secara digital, pemerintah dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada masyarakat.

Strategi keempat adalah memastikan perlindungan data dan keamanan dalam menyediakan layanan digital. Dalam menghadapi tantangan keamanan siber yang semakin kompleks, lembaga pemerintah perlu melindungi data sensitif masyarakat dan menjaga keamanan infrastruktur digital mereka. Investasi dalam sistem keamanan yang andal dan penegakan hukum yang efektif akan membantu memastikan perlindungan data dan kepercayaan masyarakat terhadap layanan digital pemerintah.

Melalui implementasi strategi-strategi ini, diharapkan pemerintah Malaysia dapat mencapai tujuan mereka untuk meningkatkan digitalisasi sektor publik. Dengan memiliki platform digital yang kuat, pegawai yang kompeten, layanan terintegrasi secara online, serta keamanan data yang tinggi, Malaysia dapat menjadi pemimpin dalam inovasi digital di kawasan ini.

Studi Kasus Teknologi

PNV Kannan: Pengintegrasian data (cloud computing) menyediakan platform untuk berinovasi, memungkinkan organisasi untuk dengan cepat menguji, membuat, dan meluncurkan aplikasi dan layanan baru.

PNV Kannan Ezmeral Lead, Growth and Emerging Markets, Hewlett Packard Enterprise mendiskusikan tiga area kunci di mana organisasi mendorong inovasi untuk mengubah jaringan dan menghasilkan pendapatan baru.

Area pertama adalah Open RAN, yang berfokus pada pemisahan RAN menjadi perangkat lunak dan perangkat keras, menawarkan infrastruktur yang dioptimalkan untuk beban kerja, akselerator, dan solusi yang telah diuji.Area kedua adalah Telco Connected Edge, yang memungkinkan penawaran B2B berbasis komputasi, terdistribusi dengan layanan backhaul yang sudah ada, bersama dengan konektivitas P5G dan Wi-Fi. Area ketiga melibatkan pemanfaatan platform yang terhubung untuk menjelajahi peluang inovasi layanan, seperti IIoT, kota cerdas, keberlanjutan, dan transformasi tempat kerja.

Dia juga menekankan potensi pengurangan emisi karbon dan pencapaian tujuan keberlanjutan melalui sistem digital dan penggunaan kasus yang didukung oleh 5G. Ini juga merujuk pada wawasan analis industri tentang mendorong pendapatan baru dalam jaringan bagi operator telekomunikasi.

Kannan juga menjelaskan tema strategis yang mengarah pada prinsip desain utama dan membahas “Solusi – Platform Data dan Kecerdasan Buatan Terpadu dari Tepi ke Awan” yang merujuk pada solusi teknologi komprehensif yang mengintegrasikan komputasi tepi (edge computing) dan komputasi awan (cloud computing) untuk menciptakan platform terpadu dalam pemrosesan dan analisis data, serta penerapan teknik kecerdasan buatan (AI).

“Solusi ini mengakui nilai data yang dihasilkan di tepi jaringan, dan memanfaatkan data tersebut sebagai wawasan dan pengambilan keputusan,” jelas Kannan.

Komputasi tepi melibatkan pemrosesan data secara lokal pada perangkat atau server tepi, mengurangi latensi yang berkepanjangan dan memungkinkan analisis secara real-time. Sementara itu, komputasi awan menyediakan infrastruktur yang skalabel dan kuat untuk menyimpan dan memproses volume data yang besar.

Menurut Kannan, Solusi-Platform Penggabungan Data dan Kecerdasan Buatan dari Tepi ke Awan menawarkan pendekatan yang komprehensif untuk memanfaatkan data dan kapabilitas kecerdasan buatan antar jaringan, membantu organisasi dalam mengambil keputusan yang terinformasi, mendorong inovasi, dan membuka peluang bisnis baru,” lanjut Kannan.

Ia menambahkan bahwa dengan mengintegrasikan antara komputasi tepi dan awan, organisasi dapat membangun data yang terintegrasi dan platform kecerdasan buatan yang mana dapat menghasilkan alur data dan analisis yang baik antara seluruh jaringan.

Platform ini memungkinkan pengumpulan, penggabungan, dan pengolahan data dari perangkat tepi, yang dapat digabungkan dengan data dari berbagai sumber lain di awan. Dengan tersedianya data yang terpadu ini, algoritma kecerdasan buatan dan model pembelajaran mesin dapat diterapkan untuk mendapatkan data, membuat prediksi, dan mengotomatisasi proses.

Manfaat dari platform Edge to Cloud Unified Data and AI termasuk pengambilan keputusan secara real-time, pengurangan bandwidth dan laten, skalabilitas dan fleksibilitas, manajemen dan kontrol terpusat, serta kemampuan AI yang ditingkatkan.

Kannan menyoroti platform HPE GreenLake edge-to-cloud yang menyediakan pengalaman cloud yang terpadu di lokasi, dengan kapasitas yang tersedia sesuai permintaan dan harga berbasis konsumsi yang terinci untuk sumber daya komputasi, memori, dan penyimpanan, menawarkan keandalan, skalabilitas, dan efisiensi yang diperlukan untuk memenuhi standar kinerja tinggi yang dibutuhkan dalam dunia digital saat ini.

“Platform HPE GreenLake edge-to-cloud adalah landasan yang kuat untuk mempercepat transformasi digital dengan menyediakan layanan cloud yang dapat dijalankan di lokasi, tepi jaringan, atau pusat kolokasi,” kata Kannan.

Dia menambahkan bahwa platform cloud yang otomatis dan terbuka memainkan peran penting dalam mendukung bank untuk memberikan pengalaman perbankan yang dipersonalisasi yang lebih baik bagi pelanggan mereka.

Platform ini menyediakan fleksibilitas dan skalabilitas yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan yang terus berkembang dari pelanggan. Ini memungkinkan bank untuk mengintegrasikan berbagai aplikasi, sumber data, dan layanan, baik internal maupun eksternal.

Sifat terbuka dari platform cloud juga memungkinkan bank untuk memanfaatkan aplikasi, layanan, dan API pihak ketiga. Dengan mengintegrasikan dengan startup fintech, mitra teknologi, dan penyedia layanan keuangan lainnya, bank dapat memperluas penawaran mereka dan memberikan pelanggan dengan berbagai produk dan layanan keuangan yang dipersonalisasi.

“Pendekatan ekosistem ini memungkinkan inovasi, fleksibilitas, dan kemampuan untuk dengan cepat beradaptasi dengan permintaan pelanggan yang berubah dan tren pasar,” kata Kannan.

Power Talk: Perjalanan menuju Manajemen Data Cerdas untuk Dunia Multi-Cloud

Dalam lingkungan multi-cloud, di mana organisasi menggunakan berbagai platform cloud untuk penyimpanan dan pemrosesan data, manajemen data cerdas menjadi penting. Administrasi data cerdas mengacu pada implementasi teknologi dan strategi canggih untuk menangani, mengorganisir, dan memanfaatkan data di berbagai lingkungan cloud.

Dr Hong H. Ong: Tata kelola data dan manajemen data memainkan peran penting dalam keberhasilan transformasi digital dan program analitik

Menurut Dr Hong H. Ong, Kepala Transformasi Digital dan Analitik untuk Malaysia Deposit Insurance Corporation Act, transformasi digital adalah penggunaan teknologi untuk mengoptimalkan proses bisnis, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan mendorong inovasi. Sebaliknya, analitik memanfaatkan analisis data untuk mengekstrak wawasan dan mengambil keputusan cerdas.

Dr. Hong menekankan bahwa organisasi dapat memanfaatkan kekuatan data untuk mendorong strategi transformasi dengan mengintegrasikan analitik ke dalam inisiatif transformasi digital. Analitik menyediakan alat dan teknik yang diperlukan untuk menganalisis jumlah data yang besar yang dihasilkan sepanjang perjalanan transformasi digital, memungkinkan pengambilan keputusan berbasis data dan mengungkapkan wawasan berharga untuk mengarahkan arah strategis.

“Transformasi digital dan analitik saling melengkapi dengan memanfaatkan data dan teknologi untuk mendorong pertumbuhan dan inovasi organisasi,” ulang Dr. Hong. Analitik memungkinkan pengambilan keputusan berbasis data, mengukur kinerja, meningkatkan pemahaman pelanggan, mengoptimalkan proses, dan memberdayakan wawasan prediktif dan preskriptif.

Dengan menambahkan analitik ke dalam strategi transformasi digital mereka, organisasi dapat membuka potensi penuh data mereka, menghasilkan efisiensi operasional yang lebih baik, pengalaman pelanggan yang lebih baik, dan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

Tata kelola data memastikan bahwa data dari sistem dan sumber yang berbeda benar, dapat diandalkan, dan seragam. Ini menetapkan standar untuk kualitas data, mendefinisikan cara data didefinisikan dan dikelompokkan, dan menerapkan aturan validasi data.

Dr. Hong juga mengatakan bahwa organisasi dapat mempertahankan data berkualitas tinggi dengan menerapkan praktik tata kelola data yang kuat. Hal ini penting untuk analitik yang berguna dan pengambilan keputusan yang dapat dipercaya selama proyek transformasi digital.

Perubahan digital dan analitik bergantung pada data di setiap tahap kehidupannya, mulai dari pembuatan hingga penyimpanan atau penghapusan. Manajemen data yang efektif memastikan manajemen siklus hidup data yang tepat, termasuk aturan retensi data, arsip data, dan praktik pembuangan data.

Dengan mengelola data sepanjang siklus hidupnya, organisasi dapat mengurangi kekacauan, menghemat uang dalam penyimpanan, dan memastikan data akurat dan relevan untuk analitik. “Manajemen siklus hidup data juga mendukung upaya tata kelola data dengan menyediakan kerangka kerja terstruktur untuk praktik manajemen data,” tambah Dr. Hong.

Tay Chia Chia: Solusi Veeam menawarkan manfaat optimasi biaya dengan mengurangi kebutuhan investasi perangkat keras tambahan dan meminimalkan waktu henti

Tay Chia Chia, Direktur Negara, Veeam Malaysia, Brunei and Emerging Markets Veeam telah berbagi rilis beberapa laporan yang menunjukkan bahwa pengeluaran Data Protection as a Service (DPaaS) diperkirakan akan mencapai $18,4 miliar pada tahun 2025.

Dengan mempertimbangkan lanskap global saat ini dan kenyataan bahwa bisnis memiliki lebih banyak data daripada sebelumnya yang perlu dilindungi dari serangan ransomware dan cyber, kepatuhan dan regulasi baru, serta kompleksitas lingkungan kerja jarak jauh, ia percaya bahwa peluang pasar lebih besar daripada yang diperkirakan.

Veeam melampaui perkembangan pasar secara keseluruhan, berkembang dengan laju yang lebih cepat, dan terletak di pusat ekosistem data. Ini, menurut Chia, mencerminkan karyawan dan budaya perusahaan mereka, kecepatan pengembangan dan inovasi, serta kolaborasi dengan mitra untuk memberikan solusi yang melebihi harapan pelanggan dan membangun kepercayaan.

Veeam menyediakan kemampuan pemantauan dan analisis yang canggih kepada organisasi, memungkinkan mereka mendapatkan wawasan tentang infrastruktur perlindungan data mereka. Ini termasuk pemantauan waktu nyata, perencanaan kapasitas, dan pemberitahuan proaktif untuk memastikan kinerja dan penggunaan sumber daya yang optimal. Dengan memanfaatkan wawasan ini, organisasi dapat meningkatkan operasi pembackupan dan pemulihan mereka dengan mengambil keputusan berdasarkan data.

Solusi Veeam menawarkan keuntungan seperti perlindungan data yang komprehensif, ketersediaan tinggi, kemudahan penggunaan, skalabilitas, manajemen data cloud, keamanan data, optimasi biaya, dan pemantauan serta analisis. “Keunggulan-keunggulan ini membuat Veeam menjadi pilihan yang berharga bagi organisasi pemerintah maupun perusahaan yang mencari solusi perlindungan dan manajemen data yang tangguh, efisien, dan dapat diandalkan,” tegas Chia.

Studi Kasus Teknologi

Perjalanan dari Kerumitan Cloud menuju Kecerdasan Cloud

Yeo Ju-Li: Mendorong budaya pengembangan yang berkelanjutan dan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk menerapkan perbaikan dan praktik terbaik

Mendorong pertumbuhan pendapatan melalui inovasi digital adalah proses meningkatkan penciptaan pendapatan dengan memanfaatkan teknologi dan metode digital. Bisnis dapat memanfaatkan pasar baru, menarik lebih banyak pelanggan, dan menawarkan barang atau layanan yang unik dengan menerapkan solusi digital terkini.

Pembuatan aplikasi mobile, implementasi platform e-commerce, penggunaan analitika data untuk memperoleh wawasan tentang perilaku pelanggan, atau penggunaan kecerdasan buatan dalam pembuatan kampanye pemasaran yang disesuaikan adalah contoh dari proyek-proyek tersebut. Organisasi dapat meningkatkan pendapatan mereka, tetap bersaing, dan menjadi unggul di pasar berkat inovasi digital.

Menurut Yeo Ju-Li, Arsitek Solusi Cloud di AVM Cloud dan VMware, optimisasi biaya dan menciptakan pertumbuhan pendapatan melalui inovasi digital adalah dua metode yang saling terkait yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mencapai kesuksesan jangka panjang.

“Dengan mengadopsi digitalisasi, organisasi dapat membuka peluang pendapatan baru, meningkatkan efisiensi operasional, dan menciptakan keunggulan kompetitif dalam ekonomi yang berbasis digital saat ini,” lanjut Ju-Li.

Dia menambahkan bahwa pengejaran terus-menerus terhadap inovasi digital sambil mengoptimalkan biaya memastikan pertumbuhan jangka panjang, profitabilitas, dan adaptabilitas terhadap kondisi pasar yang berubah.

Ju-Li menjelaskan bahwa menggunakan model operasi cloud dengan strategi Cloud Smart mengacu pada penggunaan infrastruktur dan layanan komputasi cloud sebagai dasar operasi bisnis. Strategi ini memungkinkan organisasi memperoleh keunggulan kompetitif di pasar dengan memanfaatkan skalabilitas, fleksibilitas, dan efektivitas biaya teknologi cloud.

“Salah satu manfaat utama dari model operasi cloud adalah kemampuan untuk mencapai waktu peluncuran yang lebih cepat. Bisnis dapat dengan cepat menerapkan dan meningkatkan aplikasi, layanan, dan produk mereka dengan menggunakan layanan cloud,” kata Ju-Li.

Cloud menyediakan lingkungan yang sangat fleksibel dan dapat diakses secara on-demand, memungkinkan organisasi untuk merespons dengan cepat tuntutan pasar, meluncurkan fitur atau pembaruan baru, dan memberikan nilai kepada pelanggan dengan lebih efisien. Kemampuan ini memungkinkan bisnis tetap unggul dibandingkan pesaing dan dengan cepat memanfaatkan peluang.

Untuk menggali perjalanan Generative AI, infrastruktur yang tidak terlihat dan memberikan dasar yang kuat sangat penting. Ini berarti infrastruktur yang mendukung inisiatif yang didorong oleh AI harus cepat, responsif, dapat berkembang, aman, dan tahan lama. Tujuan Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG) membutuhkan perencanaan dan implementasi yang cermat untuk terpenuhi.

Untuk mencapai tujuan ESG saat membangun infrastruktur yang diperlukan, organisasi dapat menggunakan strategi-strategi berikut: efisiensi energi, pusat data berkelanjutan, praktik kecerdasan buatan yang etis, serta privasi dan kepatuhan data.

“Dengan menerapkan strategi-strategi ini, organisasi dapat menciptakan infrastruktur yang tidak hanya memungkinkan perjalanan menuju Generative AI, tetapi juga sejalan dengan tujuan ESG,” lanjut Ju-Li. Ini memungkinkan potensi penuh AI terwujud sambil meminimalkan dampak lingkungan, mendorong tanggung jawab sosial, dan memastikan praktik yang etis dan sesuai peraturan.

Mengakuisisi, mengintegrasikan, dan mengelola personel sangat penting untuk mengoperasikan perjalanan cerdas berbasis cloud yang secara konsisten menghasilkan inovasi yang menghasilkan pendapatan dengan biaya yang lebih rendah dan dengan keunggulan yang lebih besar.

Organisasi dapat mengoperasikan perjalanan cerdas berbasis cloud yang efektif yang menawarkan optimisasi biaya, keunggulan, dan inovasi yang menghasilkan pendapatan dengan berfokus pada pengadaan dan pengelolaan personel berbakat.

Ini membutuhkan pengembangan tenaga kerja terampil, promosi kolaborasi, memberikan kesempatan belajar, manajemen yang efisien, serta penyesuaian personel dengan tujuan dan objektif organisasi.

“Pendekatan holistik ini memastikan perjalanan berbasis cloud yang sukses yang mendorong pertumbuhan pendapatan, mengoptimalkan biaya, dan memberikan inovasi yang berkelanjutan,” kesimpulan Ju-Li.

Inspirasi II

Tinjauan Keamanan Siber di Malaysia 2023: Menyelidiki Ulang Keamanan Siber Pasca COVID-19

Dato’ Ts Dr Haji Amirudin Abdul Wahab: Selama seluruh entitas memahami keamanan digital, Malaysia berpotensi untuk mengoptimalkan kebermanfaatan teknologi digital

Dalam era paska COVID-19, konsep “new normal” muncul, mencerminkan perubahan yang berkelanjutan dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya adalah peran digital dan teknologi yang semakin masif dan cepat. Ketidakmampuan orang-orang untuk bertatap muka kala itu membuat mereka harus memutar otak mencari cara untuk tetap terhubung di tengah pendemi.

Oleh karenanya, muncullah berbagai inovasi dalam ruang yang memungkinkan orang-orang untuk berkomunikasi. Selain itu juga, pelayanan publik, perbankan, maupun kegiatan perekonomian kemudian bertransformasi ke ruang digital.

Dato’ Ts Dr Haji Amirudin Abdul Wahab, CEO, Cybersecurity Malaysia, menyoroti juga bahwa dengan semakin meningkatnya ruang digital, semakin penting juga keamanan digital itu sendiri. Keamanan siber telah menjadi perhatian yang lebih penting karena ketergantungan masyarakat pada teknologi digital. Dengan meningkatnya aktivitas online, organisasi dan individu menghadapi risiko yang lebih tinggi terhadap ancaman keamanan siber, terutama di Malaysia.

Laporan 2021 mencatat bahwa Malaysia menjadi salah satu negara yang mendapat banyak ancaman kemanan digital selama pandemi berlangsung. Ancaman-ancaman tersebut salah satunya adalah penyebaran berita bohong, yang dengan demikian kala itu menjadi faktor yang dapat memperparah keadaan.

Peralihan aktivitas ke ruang digital tidak sepenuhnya berdampak negatif. Selama seluruh entitas memahami keamanan digital, ada potensi untuk dapat mengoptimalkan manfaat yang ditawarkan oleh teknologi digital.

Upaya harus dilakukan untuk mendorong kesadaran akan pentingnya keamanan siber di kalangan organisasi dan individu. Pelatihan dan pendidikan yang tepat diperlukan untuk meningkatkan pemahaman tentang praktik keamanan digital dan mengurangi risiko serangan siber.

Dr Haji Amirudin menjelaskan upaya Malaysia dalam rencana lima tahun ke depan dan strategi untuk keamanan siber. Strategi yang pertama dalah Kebijakan Keamanan Siber Nasional (National Cyber Security Policy – NCSP). Dalam hal ini NCSP menyediakan kerangka kerja komprehensif untuk memastikan keamanan dan ketahanan ruang siber Malaysia. Ini menguraikan strategi, tujuan, dan inisiatif untuk melindungi infrastruktur informasi kritis dan melawan ancaman siber.

Strategi kedua adalah Keamanan Siber Malaysia (Malaysia Cyber Security Strategy – MCSS) 2020-2024. MCSS menetapkan arah strategis dan prioritas untuk keamanan siber Malaysia selama lima tahun. Strategi ini berfokus pada peningkatakan tata kelola keamanan siber, membangun tenaga kerja keamanan siber yang terampil, memperkuat intelijen ancaman siber, dan mempromosikan kesadaran dan pendidikan keamanan siber.

Strategi ketiga adalah melalui Tim Tanggap Darurat Komputer Malaysia (Malaysia Computer Emergency Response Team – MyCERT). MyCERT adalah tim respons insiden keamanan siber nasional yang bertanggung jawab untuk menangani dan merespons insiden keamanan siber di Malaysia. Tim ini memainkan peran penting dalam mengoordinasikan respons insiden, menyediakan layanan konsultasi keamanan siber, dan mempromosikan praktik terbaik keamanan siber.

Strategi berikutnya melalui Badan Keamanan Siber Nasional (National Cyber Security Agency – NACSA). NACSA adalah lembaga utama yang bertanggung jawab atas pengawasan dan koordinasi upaya keamanan siber Malaysia. Badan ini nantinya akan berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan keamanan siber, mengembangkan standar dan pedoman keamanan siber, dan mempromosikan kesadaran keamanan siber di seluruh negara.

Berikutnya adalah Model Kematangan Kapasitas Keamanan Siber untuk Negara-Negara (Cybersecurity Capacity Maturity Model for Nations – CMM). Malaysia telah mengadopsi kerangka CMM untuk menilai dan meningkatkan kemampuan keamanan siber. CMM menyediakan pendekatan terstruktur untuk mengevaluasi tingkat kematangan praktik keamanan siber dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Terakhir adalah dengan melakukan kemitraan publik-swasta. Malaysia menekankan kolaborasi antara sektor publik dan swasta untuk memperkuat keamanan siber. Kemitraan dan kolaborasi dibentuk untuk meningkatkan pertukaran informasi, mengembangkan teknologi keamanan siber, dan membangun respons yang terkoordinasi terhadap ancaman siber.

Selain itu, pemerintah juga perlu berinvestasi dalam teknologi keamanan canggih dan melaksanakan regulasi yang ketat untuk melindungi kepentingan nasional. Penegakan hukum yang tegas terhadap kejahatan siber juga diperlukan untuk mengirimkan sinyal yang jelas bahwa serangan terhadap infrastruktur digital tidak akan ditoleransi.

Dengan pendekatan yang holistik dan kerja sama yang erat antara berbagai pihak, Malaysia dapat mengatasi tantangan keamanan siber di era pasca COVID-19 dan menjaga keamanan digital yang kokoh untuk melindungi kepentingan nasional dan kesejahteraan masyarakat ke depannya.

Inspirasi III

Asprirasi MyDIGITAL dan Kebijakan Nasional Revolusi Industri 4.0 (4IR) untuk Digitalisasi Malaysia

Fabian Bigar: Melalui MyDIGITAL, Malaysia dapat beradaptasi untuk menghadapi perubahan dan meningkatkan resistansi yang terjadi selama 4IR

Ekonomi global sedang mengalami transformasi mendasar saat iniyang mencakup terobosan dalam teknologi yang melintasi dunia fisik, digital, dan biologis. Teknologi-teknologi yang muncul seperti otomatisasi, robotika, kecerdasan buatan (AI), komunikasi mesin ke mesin (M2M), dan Internet of Things (IoT), sedang mengubah cara dunia beroperasi. Baru-baru ini, teknologi-teknologi ini telah membantu dalam perjuangan global melawan pandemi COVID-19. Dunia inilah yang disebut sebagai Revolusi Industri 4.0

Revolusi Industri 4.0 (4IR) ditandai dengan penerapan teknologi informasi dan komunikasi di industri. Revolusi ini merupakan perkembangan lanjutan dari Revolusi Industri 3.0 yang merupakan langkah selanjutnya dalam otomatisasi produksi. Revolusi Industri 4.0  sedang mengubah setiap sektor seperti Industri 4.0, Pertanian 4.0, Rantai Pasokan 4.0, Otomotif 4.0, Logistik 4.0, Kesehatan 4.0, dan lain-lain. Untuk tetap adaptif di tengah-tengah perkembangan teknologi yang masif, Malaysia membuat suatu kebijakan 4IR.

Kebijakan Nasional 4IR adalah kebijakan nasional yang luas dan menyeluruh untuk mendorong keselarasan dalam transformasi pembangunan sosial-ekonomi negara melalui penggunaan etis teknologi 4IR. Kebijakan ini mendukung kebijakan pembangunan nasional seperti Rancangan Malaysia Ke-12 (RMKe-12) dan Wawasan Kemakmuran Bersama 2030 (WKB 2030)  Fokus utama dari kebijakan ini adalah yang berdampak pada rakyat, bisnis, dan pemerintah, untuk menangkap peluang pertumbuhan dan mengatasi potensi risiko yang timbul dari 4IR.

Fabian Bigar, CEO MyDIGITAL Corporation, menjelaskan bahwa 4IR melibatkan peningkatan kemajuan digital di berbagai domain. Seiring dengandigitalisasi yang semakin intens,  4IR dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi digital dan sangat mungkin untuk memunculkan aplikasi teknologi yang lebih canggih, inovasi, serta model bisnis baru di semua sektor. Oleh karena itu, perkembangan ekonomi digital merupakan hasil dari 4IR ketika teknologi digital diadopsi secara luas.

Salah satu program untuk menjawab tantangan di era 4IR adalah membuat sebuah program bermana MyDIGITAL. Program MyDIGITAL adalah upaya pemerintah untuk mengubah Malaysia menjadi negara yang sangat maju dan berkembang pesat secara teknologi. Melalui MyDIGITAL, Malaysia dapat beradaptasi untuk menghadapi perubahan dan hambatan yang terjadi selama 4IR.

MyDIGITAL bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara dengan menggerakkan sektor-sektor yang terkait dengan ekonomi digital, seperti e-commerce, teknologi finansial, industri kreatif, dan layanan digital lainnya. Ini akan menciptakan peluang baru untuk investasi, inovasi, dan penciptaan lapangan kerja.

Selain itu, dengan adanya Rencana Strategi Ekonomi Digital Malaysia, MyDIGITAL  juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing global negara dengan memperkuat kapabilitas dan penggunaan teknologi digital. Ini melibatkan pengembangan infrastruktur digital yang canggih, seperti akses internet yang cepat dan terjangkau, serta pengadopsian teknologi inovatif seperti kecerdasan buatan (AI), big data analytics, dan Internet of Things (IoT). Dengan memanfaatkan potensi teknologi ini, sektor-sektor ekonomi dapat meningkatkan efisiensi operasional dan inovasi produk, serta memberikan pengalaman yang lebih baik kepada konsumen.

Selain itu, MyDIGITAL juga akan memberikan perhatian khusus pada pengembangan sumber daya manusia yang andal di bidang teknologi digital. Ini termasuk meningkatkan kapabilitas tenaga kerja melalui pelatihan dan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan 4IR. Dengan demikian, negara akan memiliki tenaga kerja yang siap menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh era digital ini.

Melalui implementasi MyDIGITAL, Malaysia dapat menjadi pusat teknologi dan inovasi di kawasan ini dengan daya saing yang kuat dalam ekonomi digital global. Ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, meningkatkan taraf hidup masyarakat, dan memperkuat posisi Malaysia di panggung global. Dengan demikian, hal ini juga sejalan dengan Rancangan Strategi Ekonomi Digital Malaysia.

Studi Kasus Teknologi: Manajemen Data Awan yang Handal untuk Penyampaian Layanan yang Ditingkatkan

Anand Ramamoorthy: Lingkungan awan hibrid mendukung inovasi data dengan menyediakan kemampuan pemulihan bencana yang kuat dan kesinambungan bisnis

Dengan menjamin aksesibilitas data, skalabilitas, keamanan, kepatuhan, integrasi, analitik, kolaborasi, dan inovasi, manajemen data awan yang dapat diandalkan meningkatkan penyampaian layanan. Di dunia yang semakin didorong oleh data dan saling terhubung, organisasi dapat mengoptimalkan proses penyampaian layanan mereka, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan mendorong perkembangan bisnis dengan memanfaatkan manfaat manajemen data berbasis awan.

Meningkatkan akuntabilitas dan transparansi untuk mengatasi masalah kepercayaan. Membangun kepercayaan publik sangat penting untuk mewujudkan masyarakat yang stabil dan ekonomi yang makmur. Ketika pemerintah dan organisasi mengumpulkan, menyimpan, dan memanfaatkan data orang secara global, risiko nyata dan yang dirasakan mempengaruhi mereka.

Anand Ramamoorthy, Direktur APAC, Spesialis Solusi Informatica, menyatakan bahwa pendekatan modern terhadap tata kelola data aktif dan manajemen data menawarkan banyak manfaat, termasuk peningkatan kualitas data, peningkatan kepatuhan data, keamanan data yang efektif, integrasi data, dan interoperabilitas.

“Keunggulan-keunggulan ini memberikan kekuatan kepada organisasi untuk memanfaatkan potensi penuh data mereka, membuat keputusan yang berdasarkan informasi, dan mendorong kesuksesan bisnis di era digital,” jelas Anand.

Tata kelola data yang efektif dan administrasi menyediakan dasar yang kokoh untuk analitik data dan penghasilan wawasan. Dengan menjamin kualitas data, konsistensi data, dan garis keturunan data, organisasi dapat percaya pada data analitik yang mereka gunakan. Hal ini menghasilkan wawasan yang lebih akurat, dapat dipercaya, dan dapat dijalankan, yang mendukung pengambilan keputusan berbasis data, analitik prediktif, dan inisiatif bisnis berbasis kecerdasan.

Anand menambahkan bahwa organisasi dapat membuka potensi inovasi berbasis data dengan menyelidiki pendekatan modern terhadap tata kelola data aktif dan manajemen data. Lingkungan data yang diatur dan dikelola dengan baik memberikan dasar yang kokoh untuk menyelidiki teknik analitik lanjutan, pembelajaran mesin, dan aplikasi kecerdasan buatan. “Hal ini mendorong inovasi, mengungkap peluang bisnis baru, dan memberikan keunggulan kompetitif kepada organisasi.”

Inovasi data memfasilitasi model analitik prediktif yang dapat membantu dalam identifikasi pola dan tren dalam sektor layanan publik seperti kesehatan, transportasi, dan pencegahan kejahatan. Dengan memanfaatkan data historis dan real-time, pemerintah dapat mengalokasikan sumber daya secara proaktif, menerapkan langkah-langkah pencegahan, dan menangani masalah potensial sebelum mereka memburuk.

Menurut Anand, dalam sektor publik, inovasi data mendorong transparansi dan akuntabilitas. Warga dapat memperoleh wawasan tentang operasi pemerintah, anggaran, dan metrik kinerja dengan membuat data dapat diakses oleh publik melalui inisiatif data terbuka. Hal ini mendorong kepercayaan, partisipasi publik, dan akuntabilitas dalam penyampaian layanan publik.

“Inovasi data memungkinkan lembaga keuangan dan asuransi untuk mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan untuk tujuan personalisasi layanan,” lanjut Anand. Dengan memanfaatkan wawasan konsumen, lembaga keuangan dapat memberikan saran produk yang dipersonalisasi, penawaran yang dipersonalisasi, dan pengalaman yang disesuaikan, sehingga meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Dalam industri keuangan dan asuransi, inovasi data meningkatkan penilaian risiko dan proses underwriting. Dengan memanfaatkan analitik canggih dan sumber data alternatif, lembaga keuangan dapat membuat penilaian risiko yang lebih akurat, menentukan penetapan harga yang tepat, dan meningkatkan efektivitas proses underwriting mereka.

Dengan menyediakan kemampuan kecepatan data, skalabilitas, kolaborasi, kemampuan analitik canggih, optimisasi biaya, keamanan data, dan pemulihan bencana, lingkungan awan hibrid memfasilitasi inovasi data di dalam organisasi. “Dengan memanfaatkan manfaat awan hibrid, bisnis dapat mendorong inovasi berbasis data, mendapatkan wawasan yang dapat dijalankan, dan mempercepat perjalanan transformasi digital mereka,” Anand menyimpulkan.

Inspirasi IV

Lompatan Kemajuan Malaysia: Mendorong Sains, Teknologi, Inovasi, dan Ekonomi dalam Negara

Hazami Habib: Pendidikan STEM berfokus pada pemecahan masalah, keterampilan berpikir kritis, kerja tim, dan kreativitas

Dalam upaya menciptakan kekuatan ekonomi digital yang holistik, peran sektor pendidikan tidak bisa diabaikan. Sektor pendidikan menjadi fondasi dalam mempersiapkan anak-anak bangsa agar siap bersaing di masa depan dan berkontribusi pada keberlanjutan negara.

Hazami Habib, CEO Akademi Sains Malaysia, menjelaskan bahwa pendidikan STEM (Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Matematika) di Malaysia telah mendapatkan perhatian dan dukungan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Untuk mencapai tujuan Industri 4.0 dan mengurangi kesenjangan, pemerintah Malaysia telah memperkenalkan insentif dan program pengembangan – dengan fokus pada sektor pendidikan – untuk merangkul Industri 4.0 dari akarnya. “Pemerintah Malaysia telah mengakui pentingnya pendidikan STEM dalam mempersiapkan generasi muda untuk tenaga kerja masa depan dan mendorong perkembangan negara dalam bidang sains dan teknologi,” ungkapnya.

Untuk mendorong pendidikan STEM, berbagai inisiatif dan program telah diterapkan di Malaysia. Kementerian Pendidikan memperkenalkan mata pelajaran dan kegiatan terkait STEM di sekolah-sekolah dengan tujuan meningkatkan minat dan keterampilan siswa dalam sains, teknologi, rekayasa, dan matematika. Ini meliputi penerapan kurikulum berbasis STEM, pembentukan klub dan kompetisi STEM, serta pelatihan STEM bagi para guru.

Sains, rekayasa, teknologi, dan inovasi memberikan kekuatan kepada masyarakat dalam mengembangkan sebuah negara dan meningkatkan kualitas hidup. Dalam konteks ini, kemahiran dalam penggunaan data menjadi sangat penting.

Program-program pendidikan STEM juga dirancang untuk memastikan bahwa siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan Industri 4.0 dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan

Seiring dengan data-driven decision making yang menjadi norma di dalam organisasi, semakin diperlukan pula kemahiran dalam penggunaan data. Hal ini menciptakan peluang bagi pelatihan dan pengembangan keterampilan data bagi para pekerja. Karena, dengan memiliki pemahaman dan keterampilan dalam sains, individu dapat membuat keputusan berdasarkan data secara efektif dan efisien.

Pentingnya pendidikan STEM dan penggunaan data dalam pengambilan keputusan juga memperlihatkan perubahan paradigma dalam pendekatan teknologi. Sebelumnya, pendekatan yang berpusat pada teknologi telah menjadi fokus utama. Namun, dalam pendekatan yang berorientasi pada sains dan data, terdapat keseimbangan antara pencapaian kemajuan teknologi, penyelesaian masalah sosial, serta pemeliharaan nilai-nilai moral dan budaya dalam masyarakat.

Dalam hal ini, kebijakan pendidikan STEM dan pemanfaatan data dalam pengambilan keputusan di Malaysia berperan penting dalam mencapai tujuan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Dengan mengintegrasikan pendidikan STEM dalam kurikulum sekolah, hal ini memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk merasakan pengalaman belajar yang berfokus pada pemecahan masalah, keterampilan berpikir kritis, kerja tim, dan kreativitas. Melalui pendekatan ini, siswa dapat mengembangkan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan Industri 4.0.

Selain itu, pembelajaran STEM juga membantu mengembangkan sikap mental yang penting, seperti ketekunan, ketelitian, ketahanan, dan kerja keras. Dalam dunia yang terus berkembang, siswa yang memiliki keterampilan STEM didorong untuk menjadi inovator dan penggerak perubahan. Mereka diajarkan untuk menjadi pemecah masalah yang kreatif, memiliki keingintahuan yang tinggi, dan siap untuk menghadapi tantangan yang kompleks.

Dengan memperkenalkan STEM kepada generasi muda, Malaysia berusaha untuk membangun fondasi yang kuat dalam menghadapi perubahan teknologi yang cepat. Melalui pendidikan STEM yang kuat dan kemahiran dalam penggunaan data, Malaysia dapat menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, inovatif, dan mampu beradaptasi dengan cepat dalam era digital dan perkembangan teknologi, serta memajukan Malaysia ke arah masyarakat berbasis pengetahuan yang berkelanjutan.

Inspirasi V

Kang Yew Jin, Chief Technology Officer dari PLUS, menjelaskan bahwa PLUS secara keseluruhan memiliki peran vital dalam infrastruktur dan pengembangan transportasi negara, melalui penyediaan pelayanan esensial, memfasilitasi konektivitas yang lancar dan berkontribusi dalam progres.

Yew Jin menekankan bahwa PLUS di Malaysia memelihara jaringan jalan tol seluas 1.130 kilometer. Jaringan luas ini menghubungkan kota-kota utama dan kota-kota di seluruh Malaysia yang menjadi tautan penting.

Dalam memanajemen jalan utama Malaysia, PLUS memainkan peran penting terhadap pertumbuhan ekonomi negara. Jaringan jalan tol, yang menyediakan mode transportasi yang cepat, andal, dan aman guna mengurangi waktu perjalanan dan meningkatkan konektivitas antara kota-kota besar dan kota-kota kecil, sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi.

Melalui penyediaan infrastruktur transportasi yang efektif, PLUS memfasilitasi aliran barang dan akomodasi individu di seluruh negeri. Hal ini, pada gilirannya, mendukung bisnis dan aktivitas komersial, secara signifikan berkontribusi terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi Malaysia.

Penggunaan teknologi secara luas untuk meningkatkan produktivitas dan keamanan adalah salah satu fitur revolusioner dari PLUS.

Teknologi AI memungkinkan pengembangan sistem canggih yang mampu mengidentifikasi sinyal peringatan potensial akan percobaan bunuh diri dan mengambil tindakan yang tepat secara cepat. Sistem-sistem ini dapat dilengkapi dengan berbagai sensor, seperti kamera audio dan video, untuk memantau lalu lintas jalan dan mengidentifikasi kecenderungan bunuh diri.

Yew Jin mengklarifikasi bahwa tujuan sistem AI yang diletakkan di Jembatan Penang adalah untuk memfasilitasi pendeteksian lebih awal untuk menghindari kejadian bunuh diri. Hal ini menunjukkan bahwa sistem AI dapat menyelamatkan nyawa individu dan berkontribusi dalam menciptakan keamanan publik. Pendekatan proaktif ini memungkinkan implementasi tindakan yang tanggap untuk mencegah kerusakan dan memastikan keselamatan individu di Jambatan Penang.

Melalui pemanfaatkan teknologi modern dan mekanisme pengawasan, sistem ini bertujuan untuk mendeteksi tanda-tanda awal upaya bunuh diri potensial dan memberi peringatan kepada pihak berwenang yang sesuai tanpa penundaan.

Yew Jin menjelaskan, “Metode ini menggunakan kamera yang ditempatkan secara strategis di sepanjang jembatan untuk memantau area tersebut dan mendeteksi upaya bunuh diri potensial.” Sistem AI menganalisis aliran video langsung dari kamera secara real-time menggunakan algoritma pembelajaran mesin.

Sistem AI ini mengidentifikasi upaya bunuh diri yang potensial dengan tingkat sensitivitas dan spesifisitas yang tinggi, memastikan akurasi dan keandalannya. Selain itu, sistem ini dirancang untuk dapat diperluas, memungkinkan perluasan ke area tambahan sesuai kebutuhan dan pemasangan kamera tambahan untuk meningkatkan kemampuan pengawasan. Keandalan ini memastikan bahwa sistem dapat efektif dalam merespons perubahan kebutuhan dan memberikan perlindungan komprehensif bagi keselamatan dan kesejahteraan individu di berbagai lokasi.

Sistem AI yang dipasangkan di Jembatan Penang meliputi 3 level alarm yang diaktivasi ketika sistem mendeteksi rangkaian stimulus yang spesifik.

  • Tingkat rendah (Alarm 1) – Akan dipicu ketika kendaraan berhenti di bahu jalan atau tempat parkir di jembatan. Kendaraan yang terdeteksi termasuk sepeda motor, mobil, van, bus, truk. Peringatan akan dikirim jika kendaraan berhenti selama lebih dari 10 detik.
  • Tingkat menengah (Alarm 2) – Akan dipicu ketika satu atau lebih orang berjalan di dalam tempat parkir. Peringatan akan dikirim jika orang tersebut terlihat dalam rekaman selama 10 detik. Peringatan lain akan dikirim jika orang tersebut masih terlihat dalam rekaman setelah 30 detik.
  • Tingkat tinggi (Alarm 3) – Dipicu ketika satu atau lebih individu berada dalam jarak dekat dengan pagar jembatan dan menunjukkan perilaku seperti meletakkan tangan di tepi, membungkuk, atau mencoba naik ke atas pagar. Setelah mendeteksi situasi tersebut, peringatan segera akan dihasilkan dan dikirim kepada otoritas yang berwenang.

Meningkatkan dan mengoptimasi performa sistem AI untuk mendeteksi percobaan bunuh diri di Jembatan Penang adalah langkah penting. Hal ini memerlukan pemeliharaan rutin dan peningkatan alat untuk memastikan sistem beroperasi dengan tingkat presisi dan keandalan yang maksimal.

Yew Jin yakin bahwa di masa depan kecerdasan buatan dalam jalan raya akan ditandai dengan evolusi dinamis dan konstan. Sistem kecerdasan buatan memiliki kemampuan luar biasa untuk terus belajar dan beradaptasi dengan kondisi dunia nyata.

Dia optimis bahwa generasi mendatang akan memanfaatkan sistem transportasi yang didukung oleh kecerdasan buatan yang semakin efisien, aman, dan berkelanjutan sebagai hasil dari upaya penelitian dan inovasi yang terus-menerus.

Power Talk: Solusi Inovatif untuk Tenaga Kerja

Anderson Goh: Kerja jarak jauh terbukti dapat meningkatkan produktivitas karyawan selama didukung pula dengan teknologi yang memadai

Anderson Goh, Business Development Manager, Lenovo, menyatakan bahwa pandemi telah membuktikan bahwa organisasi dapat dan harus mempercayai karyawannya untuk tetap produktif dari mana saja, dan kapan saja.  Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, terutama di bidang komunikasi dan kolaborasi online, paradigma kerja konvensional yang mengharuskan kehadiran fisik di kantor telah tergantikan oleh fleksibilitas dan mobilitas kerja.

Pandemi COVID-19 secara tiba-tiba menghadirkan tantangan baru bagi banyak perusahaan di seluruh dunia, yang dipaksa untuk menerapkan kerja jarak jauh sebagai respons terhadap situasi yang tidak terduga ini.

Namun, meskipun di awal banyak organisasi mungkin meragukan bahwa karyawan mereka dapat tetap produktif saat bekerja dari rumah atau tempat lain di luar kantor, kenyataannya membuktikan sebaliknya. Banyak perusahaan mengalami lonjakan produktivitas yang mengejutkan selama masa kerja jarak jauh ini. Dengan berbekal teknologi yang tepat dan kepercayaan yang kuat, karyawan mampu menyelesaikan tugas-tugas mereka dengan efisien, berkolaborasi secara virtual, dan memberikan hasil yang diharapkan.

Menurut data, pascapandemi, terdapat sekitar 74% karyawan di Malaysia lebih memilih untuk bekerja secara hybrid. Pekerjaan hybrid adalah sistem kerja di mana karyawan bisa melakukan pekerjaan di rumah maupun di kantor sesuai dengan kesepakatan dan aturan setiap organisasi.

Ts Jacky Cheong: Data yang terintegrasi merupakan komponen yang sangat penting bagi setiap organisasi

Dalam menciptakan sebuah organisasi dengan sistem hybrid, diperlukan penggunaan alat-alat dan infrastruktur serta sistem yang terukur dan terintegrasi.

“Data yang terintegrasi merupakan komponen yang sangat penting bagi setiap organisasi,” ungkap Ts Jacky Cheong, Head of Enterprise Data Governance, CelcomDigi.

Integrasi data melibatkan berbagai aspek, mulai dari integrasi data, regulasi data, implementasi data, hingga proses pendataan. Dalam organisasi yang memiliki beragam sistem dan platform, penting untuk memiliki mekanisme yang efektif untuk menggabungkan data dari berbagai sumber ini. Dengan melakukan integrasi data yang baik, organisasi dapat memastikan konsistensi, akurasi, dan keterpercayaan data yang digunakan dalam pengambilan keputusan.

Lebih jauh lagi, dalam membentuk lingkungan kerja hybrid yang optimal, diperlukan juga pengayaan dan pemberdayaan sumber daya bertalenta. Ts Tengku Intan Narqiah Tengku Othman, Group Chief Future Officer, SIRIM Berhad, mengungkapkan bahwa karyawan perlu untuk mendapatkan pelatihan yang komprehensif terkait dengan teknologi dan sistem digital yang diterapkan di organisasi.

Ts Tengku Intan Narqiah Tengku Othman: Karyawan perlu untuk mendapatkan pelatihan yang komprehensif terkait dengan teknologi dan sistem digital yang diterapkan di organisasi

Ia menekankan pula bahwa karyawan yang terampil dalam menggunakan alat dan platform digital akan mampu bekerja dengan lebih cepat dan efisien, memberikan output yang lebih baik dalam waktu yang lebih singkat. Mereka juga akan mampu menggunakan berbagai fitur dan fungsi yang ditawarkan oleh teknologi terkini untuk memperbaiki proses kerja dan mengatasi tantangan yang muncul.

Penggunaan teknologi yang tepat terhadap karyawan dapat menguatkan peran dan kinerja di tempat kerja. Hal ini menjadikan mereka untuk lebih fokus melakukan hal-hal yang lebih penting sehingga akan menghasilkan kinerja yang efisien dan terukur.

Lebih jauh, keesuksesan kerja jarak jauh ini tidak hanya menunjukkan potensi teknologi, tetapi juga memperlihatkan pentingnya kepercayaan dalam hubungan antara perusahaan dan karyawan. Komunikasi, integritas, keamanan, dan kinerja bisnis menjadi basis utama dalam menciptakan lingkungan kerja yang koopertaif. Untuk mencegah hal-hal negatif seperti miskomunikasi, peretasan data, atau menurunnya kinerja karyawan, dibutuhkam strategi digital yang komprehensif untuk membangun dan mencapai tujuan yang diinginkan bersama.

Dalam hal ini, peran pemangku kebijakan menjadi penting untuk dapat menyediakan sistem yang terintegrasi. Hal ini adalah hak karyawan untuk mendapatkan fasilitas yang memadai guna menciptakan kondisi kerja yang nyaman sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja.

Selain itu, untuk mengoptimalkan pengelolaan produktivitas karyawan, dibutuhkan pendekatan proaktif yang melibatkan penerapan sistem terpusat dan terintegrasi.

Dalam kerja jarak jauh yang semakin populer, organisasi perlu mengadopsi solusi yang memungkinkan karyawan bekerja secara efisien tanpa terkendala oleh lokasi fisik. Penggunaan cloud computing sebagai ruang penyimpanan data yang transparan dan terpadu dapat memfasilitasi akses yang mudah dan aman ke informasi yang dibutuhkan oleh karyawan, baik saat bekerja di kantor maupun dari tempat lain.

Dengan mengadopsi alat dan solusi terkini, organisasi dapat meningkatkan fleksibilitas dan skalabilitas mereka sambil memastikan bahwa kolaborasi tetap mudah dilakukan dan dapat diakses dari mana saja.

Selain itu pula, keamanan data yang terpusat memainkan peran penting dalam proses transformasi ini. Dengan bekerja secara jarak jauh, semakin umum organisasi harus mengadopsi sistem dan platform terpusat yang memungkinkan karyawan bekerja dengan efisien tanpa terkendala lokasi.

Dalam lingkungan kerja yang terhubung secara digital, perlindungan data yang sensitif menjadi kritis untuk melindungi bisnis dari ancaman keamanan dan kerugian finansial yang dapat timbul. Organisasi harus menjaga keamanan data dengan mengadopsi kebijakan yang kuat dan melibatkan penggunaan teknologi yang tepat.

Selain itu, diperlukan pemantauan yang aktif terhadap lingkungan jaringan dan aplikasi guna mendeteksi dan mengatasi ancaman keamanan. Menerapkan solusi keamanan jaringan yang canggih dan firewall yang kuat dapat membantu melindungi data dari serangan malware, serangan DDoS, atau upaya peretasan. Algoritma ML dapat mendeteksi pola dan anomali dalam lalu lintas jaringan, membantu mengidentifikasi dan mengatasi ancaman siber potensial secara real-time.

Selain produktivitas, keamanan data menjadi salah satu perhatian utama bagi bisnis di lanskap digital saat ini. Seiring dengan diterapkannya sistem kerja remote, organisasi juga perlu menerapkan langkah-langkah keamanan yang kuat untuk melindungi data sensitif dari akses yang tidak sah dan ancaman siber potensial. Ini meliputi penggunaan teknologi enkripsi, autentikasi multifaktor, cadangan data secara teratur, dan pelatihan komprehensif kepada karyawan mengenai praktik keamanan siber terbaik.

Dengan menerapkan pendekatan komprehensif terhadap keamanan data, organisasi dapat membentuk basis yang aman untuk kerja jarak jauh, memungkinkan karyawan bekerja dengan keyakinan sambil melindungi informasi bisnis yang kritikal. Pendekatan ini juga mempromosikan kepercayaan di antara karyawan, karena mereka merasa yakin bahwa data dan kontribusi mereka dihargai dan dilindungi.

Untuk melihat performa karyawan, alat analitis yang ditenagai oleh AI dapat memberikan wawasan berharga terkait kinerja karyawan, alokasi sumber daya, dan risiko potensial, memungkinkan organisasi untuk membuat keputusan berdasarkan data dan mengoptimalkan operasinya.

Dr Azlan Zainal: Penggunaan teknologi yang optimal dapat meningkatkan kepuasan pelanggan

Dr Azlan Zainal, Head Underwriting Excellence, AIA Group, menegaskan bahwa meningkatnya produktivitas karyawan dalam melakukan kinerja dapat berdampak langsung terhadap kemampuan organisasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen

Ini karena karyawan dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan konsumen dan memahami kebutuhan mereka dengan lebih baik. Hal ini memungkinkan mereka untuk memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan individu konsumen, memberikan nasihat yang komprehensif, dan memberikan pengalaman yang memuaskan.

Lebih jauh, dengan memberikan kesan baik di mata pelanggan, organisasi dapat terus berkompetisi sehingga akan meningkatkan keberlanjutan secara jangka panjang.

Dengan demikian, transformasi teknologi yang dilakukan dengan tepat sasaran dalam sebuah organisasi akan menghasilkan nilai yang baik pula. Melalui transformasi teknologi yang tepat sasaran, organisasi dapat mengoptimalkan proses bisnis mereka. Ini memungkinkan karyawan untuk fokus pada tugas yang memerlukan pemikiran kreatif dan strategis, sehingga meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja.

Melalui peningkatan efisiensi, inovasi, dan keunggulan kompetitif, organisasi dapat mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan memperkuat posisi mereka di pasar yang semakin kompetitif.

Inspirasi VI

Brett Aimers: Strategi berbasis data dapat mengoptimasi sistem operasi, meningkatkan kesiapan, dan memitigasi risiko guna meningkatkan resiliansi dan kesuksesan

Brett Aimers, Profesor Pendamping, Universitas James Cook, Australia, mengakui bahwa terdapat beberapa tantangan dalam memahami pencegahan dan pengelolaan bencana dikarenakan kompleksitas yang terus berkembang saat ini.

“Dampak pandemi global yang belum pernah terjadi sebelumnya berhasil menggarisbawahi kebutuhan untuk mengevaluasi strategi dalam manajemen bencana,” jelas Brett. Pendekatan konvensional dalam pengelolaan bencana sering kali menekankan respons reaktif dan langkah pengendalian setelah terjadinya bencana. Namun, pandemi COVID-19 menunjukkan bahwa langkah proaktif, deteksi dini, dan respons cepat sangat penting untuk dilakukan dalam mengurangi dampak bencana.

Brett menambahkan bahwa big data dan analisis telah meluas sebagai instrumen yang sangat diperlukan untuk mendorong ketahanan dan mempromosikan perbaikan ekonomi. Jumlah data saat ini banyak dihasilkan melalui berbagai sumber termasuk media sosial, jaringan, dan platform digital, dan data tersebut dapat berguna untuk memberikan wawasan maupun peringatan dini.

“Dengan menganalisis data menggunakan teknik analitis yang canggih, para pengambil keputusan dapat mengidentifikasi pola, memprediksi potensi bencana, dan merancang strategi yang efektif untuk mencegah atau mengurangi dampak yang akan terjadi,” lanjut Brett.

Selain itu, big data dan analitis dapat berkontribusi pada upaya pemulihan ekonomi pascabencana. Melalui penggunaan wawasan berbasis data, pemerintah, organisasi, dan masyarakat dapat memprioritaskan sumber daya, mengalokasikan dana untuk mendukung daerah dan industri yang terkena dampak.

Lebih jauh, pengambilan keputusan berdasarkan data memungkinkan alokasi sumber daya yang lebih efektif, sehingga bantuan teralokasi secara tepat sasaran, yang dengan demikian dapat mempercepat proses pemulihan.

Pengembangan strategi pengelolaan bencana yang komprehensif dan kolaboratif seringkali terhambat oleh sumber daya keuangan yang terbatas, ketidakpastian politik, dan konflik global.

Untuk mengatasi tantangan ini, kerja sama internasional harus ditingkatkan. Hal-hal yang dapat dilakukan yaitu diantaranya dengan berbagi informasi, praktik terbaik, dan keahlian antara negara dan organisasi. Dengan demikian, pemahaman dan respons kolektif terhadap bencana alam dapat ditingkatkan. Kolaborasi yang baik dan efektif dapat menghasilkan pembuatan kerangka kerja, protokol, dan alat yang terstandardisasi yang memfasilitasi pencegahan bencana, kesiapsiagaan, respons, dan pemulihan yang efektif di seluruh batas-batas internasional.

Menurut Brett, pemerintah dan pemangku kepentingan harus memprioritaskan pula terkait signifikansi investasi terhadap manajemen bencana. Hal ini termasuk berinvestasi dalam lembaga pendidikan, pelatihan, dan program-program terkait infrastruktur teknologi. Individu, komunitas, maupun organisasi harus menyediakan pengetahuan, skill, dan sumber daya yang baik untuk mencegah, merespons, dan memulihkan  dampak bencana guna mendorong lingkungan yang aman secara efektif.

Manajemen risiko global yang efektif membutuhkan data dan analitis. Hal ini memungkinkan para pengambil keputusan untuk mendapatkan wawasan berharga, mengenali pola, memprediksi potensi risiko, dan merancang strategi mitigasi risiko.

“Data dan analitis memungkinkan organisasi dan pembuat kebijakan untuk membuat keputusan yang berdasarkan informasi, mengalokasikan sumber daya secara efektif, dan mengembangkan respons proaktif terhadap tantangan yang ditimbulkan oleh berbagai risiko global,” tegas Brett.

Ia menambahkan bahwa kepemimpinan berbasis data adalah penting untuk mengurangi dampak dan meningkatkan upaya mitigasi, sehingga dapat meningkatkan ketahanan ekonomi. Hal ini dapat dicapai melalui berbagai cara, termasuk peningkatan kemampuan deteksi, peringatan dini, kesadaran situasional bersama, komunikasi optimal, dan alokasi sumber daya yang efisien.

Dengan memanfaatkan data dan analitis, para pemimpin dapat membuat keputusan yang berdasarkan informasi, meminimalkan dampak risiko potensial, dan memastikan respons yang cepat dan efektif terhadap tantangan. Strategi berbasis data ini memungkinkan organisasi untuk mengoptimalkan operasional mereka, meningkatkan kesiapsiagaan dalam memitigasi risiko, sehingga berkontribusi pada ketahanan dan keberhasilan mereka secara keseluruhan.

Brett meyakini bahwa peran pemimpin sangatlah penting dalam mempromosikan transformasi digital di Malaysia. Sebab, pemimpin yang memiliki visi yang kuat adalah pemimpin yang mampu menciptakan rencana strategis, merancang regulasi, memfasilitasi kolaborasi, mengembangkan talenta, memanajemen perubahan, dan mendorong inovasi dan kewirausahaan.

“Malaysia dapat menjelajahi lanskap digital, memanfaatkan peluang, mengatasi tantangan, dan mendorong negara menuju masa depan digital dengan memiliki kepemimpinan dengan visi yang kuat,” simpulnya.

Salam Penutup

Mohit mengucapkan selamat kepada para penerima OpenGov Recognition of Excellence Awards. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para delegasi yang sudah menghadiri acara pada hari ini.

Mohit menekankan bahwa kolaborasi dengan mitra digital dapat mendorong budaya inovasi antarentitas. “Dengan memanfaatkan para ahli, organisasi dapat mengimplementasikan solusi digital yang canggih secara lebih efisien, sehingga dapat mengoptimalkan waktu dan meningkatkan kompetisi mereka di pasar global,” tekannya.

Ia menambahkan bahwa kolaborasi digital memungkinkan berbagai bisnis untuk menjangkau segmen pelanggan dan pasar baru. Dengan menggabungkan sumber daya dan kemampuan, organisasi dapat menawarkan solusi komprehensif yang mengatasi berbagai kebutuhan pelanggan yang mengarah pada peningkatan penetrasi pertumbuhan pasar di masa depan.

Selain itu pula, kolaborasi digital dapat meningkatkan pengalaman konsumen dengan mengintegrasikan produk, layanan, atau teknologi yang saling melengkapi. Dengan menggabungkan kekuatan dari beberapa mitra, organisasi dapat memberikan pengalaman yang mulus dan personal yang melebihi harapan pelanggan.

Menurut Mohit, melakukan kolaborasi dengan mitra yang bergerak dalam bidang digital memungkinkan organisasi untuk bertukar dan berbagi perihal risiko dan pengeluaran biaya terkait inisiatif transformasi digital. Melalui penggabungan sumber daya, organisasi dapat lebih jauh meminimalisir risiko-risiko yang mungkin terjadi selama pengimplementasian digital.

Kemitraan digital memungkinkan organisasi untuk beradaptasi dengan cepat terhadap dinamika pasar yang berubah dan tren konsumen. “Dengan memanfaatkan kemampuan mitra digital, bisnis dapat dengan cepat merespons tren yang berkembang, disrupsi yang sedang berlangsung, dan solusi yang dibutuhkan pelanggan. Hal ini akan berdampak pada keberlanjutan dan relevansi bisnis secara jangka panjang,” simpul Mohit.

PARTNER

Qlik’s vision is a data-literate world, where everyone can use data and analytics to improve decision-making and solve their most challenging problems. A private company, Qlik offers real-time data integration and analytics solutions, powered by Qlik Cloud, to close the gaps between data, insights and action. By transforming data into Active Intelligence, businesses can drive better decisions, improve revenue and profitability, and optimize customer relationships. Qlik serves more than 38,000 active customers in over 100 countries.

PARTNER

CTC Global Singapore, a premier end-to-end IT solutions provider, is a fully owned subsidiary of ITOCHU Techno-Solutions Corporation (CTC) and ITOCHU Corporation.

Since 1972, CTC has established itself as one of the country’s top IT solutions providers. With 50 years of experience, headed by an experienced management team and staffed by over 200 qualified IT professionals, we support organizations with integrated IT solutions expertise in Autonomous IT, Cyber Security, Digital Transformation, Enterprise Cloud Infrastructure, Workplace Modernization and Professional Services.

Well-known for our strengths in system integration and consultation, CTC Global proves to be the preferred IT outsourcing destination for organizations all over Singapore today.

PARTNER

Planview has one mission: to build the future of connected work. Our solutions enable organizations to connect the business from ideas to impact, empowering companies to accelerate the achievement of what matters most. Planview’s full spectrum of Portfolio Management and Work Management solutions creates an organizational focus on the strategic outcomes that matter and empowers teams to deliver their best work, no matter how they work. The comprehensive Planview platform and enterprise success model enables customers to deliver innovative, competitive products, services, and customer experiences. Headquartered in Austin, Texas, with locations around the world, Planview has more than 1,300 employees supporting 4,500 customers and 2.6 million users worldwide. For more information, visit www.planview.com.

SUPPORTING ORGANISATION

SIRIM is a premier industrial research and technology organisation in Malaysia, wholly-owned by the Minister​ of Finance Incorporated. With over forty years of experience and expertise, SIRIM is mandated as the machinery for research and technology development, and the national champion of quality. SIRIM has always played a major role in the development of the country’s private sector. By tapping into our expertise and knowledge base, we focus on developing new technologies and improvements in the manufacturing, technology and services sectors. We nurture Small Medium Enterprises (SME) growth with solutions for technology penetration and upgrading, making it an ideal technology partner for SMEs.

PARTNER

HashiCorp provides infrastructure automation software for multi-cloud environments, enabling enterprises to unlock a common cloud operating model to provision, secure, connect, and run any application on any infrastructure. HashiCorp tools allow organizations to deliver applications faster by helping enterprises transition from manual processes and ITIL practices to self-service automation and DevOps practices. 

PARTNER

IBM is a leading global hybrid cloud and AI, and business services provider. We help clients in more than 175 countries capitalize on insights from their data, streamline business processes, reduce costs and gain the competitive edge in their industries. Nearly 3,000 government and corporate entities in critical infrastructure areas such as financial services, telecommunications and healthcare rely on IBM’s hybrid cloud platform and Red Hat OpenShift to affect their digital transformations quickly, efficiently and securely. IBM’s breakthrough innovations in AI, quantum computing, industry-specific cloud solutions and business services deliver open and flexible options to our clients. All of this is backed by IBM’s legendary commitment to trust, transparency, responsibility, inclusivity and service.