Search
Close this search box.

We are creating some awesome events for you. Kindly bear with us.

Eksklusif! Mendorong Akselerasi Startup untuk Pertumbuhan Ekonomi melalui BNI Ventures

Getting your Trinity Audio player ready...

Ketika Indonesia bangkit dari bayangan pandemi, terjadi transformasi dinamis dalam ekonominya yang didorong oleh semangat kewirausahaan yang kuat. Ketahanan dan tekad dalam ekosistem startup negara ini telah terungkap sepenuhnya, mendorong Indonesia ke posisi yang menonjol dalam lanskap startup Asia Tenggara.

Di tengah kebangkitan yang signifikan ini, Bank Negara Indonesia (BNI) mengakui peran sentral yang dapat dimainkannya dalam mendorong inovasi dan dengan cerdik memanfaatkan peluang tersebut dengan mendirikan BNI Venture Capital pada tahun 2022. Langkah strategis ini bertujuan untuk memberdayakan startup dan berkontribusi pada Indonesia sebagai pusat kreativitas dan pertumbuhan ekonomi global.

Dalam pandangan eksklusif untuk OpenGov Asia, Eddi Danusaputro, Chief Executive Officer BNI Ventures, memberikan gambaran tentang dunia BNI dan perjalanan pribadinya melalui lanskap modal ventura dan startup yang rumit serta selalu berubah. Dia membagikan pandangannya tentang lintasan inovasi dan memberikan wawasannya mengenai masa depan lanskap Indonesia.

Setelah pandemi COVID-19, sektor startup di Indonesia muncul sebagai sebuah harapan untuk pemulihan dan pertumbuhan ekonomi. Meskipun berbagai industri masih menghadapi tantangan, pandemi menjadi katalis bagi munculnya startup baru di Indonesia. Ketika sektor-sektor tertentu seperti industri travel dan perhotelan menghadapi kesulitan, sektor lain seperti fintech dan agritech berkembang.

Seiring dengan perubahan pandangan global, lanskap investasi juga mengalami transformasi. Para venture capitalist menjadi lebih cermat dengan pandangan yang lebih holistik. Mereka lebih mengutamakan nilai dan jalur menuju profitabilitas daripada sekadar perhitungan kuantitatif. Ketika metrik tradisional penilaian mengambil posisi belakang, era baru ketelitian dan fokus strategis muncul di kalangan venture capitalist. Investor tidak lagi terpaku pada angka-angka sekilas. Mereka mulai mengkaji startup dengan pandangan yang lebih tajam, mencari nilai yang lebih mendalam, dan melacak jalur yang jelas menuju profitabilitas.

Dengan aspirasi untuk memimpin kawasan ASEAN dalam ekonomi digital, BNI Venture Capital memandang dirinya sebagai pendorong strategis. BNI Venture Capital beroperasi sebagai jantung modal ventura perusahaan BNI, berfokus pada sektor-sektor yang sejalan dengan kepentingan strategis BNI, terutama fintech dan pendukung fintech. Melalui pemberian dukungan keuangan, panduan ahli, dan pembinaan, BNI Venture Capital berkontribusi secara aktif untuk menjadikan Indonesia berada di garis depan inovasi digital.

Eddi mengakui bahwa perjalanan startup di Indonesia penuh dengan tantangan, termasuk di dalamnya terkait masalah infrastruktur yang tidak memadai, kekurangan tenaga kerja berbakat, hambatan regulasi, dan keterbatasan investasi. Dalam konteks ini, BNI Venture Capital menjalankan peran sebagai sekutu pembina, menawarkan peluang investasi, serta program inkubasi dan percepatan komprehensif. Dengan mengatasi tantangan ini secara langsung, BNI Venture Capital berupaya untuk dapat memberdayakan startup untuk mengatasi hambatan dan berkembang.

Mengandalkan pengalaman dalam konsultasi manajemen dan keuangan, BNI Venture Capital menggunakan serangkaian kriteria ketat dalam mengevaluasi peluang investasi. Eddi menjelaskan bahwa terdapat beberapa aspek yang dipertimbangkan dalam memilih startup yang akan dibantu dan didanai.Solusi inovatif, model bisnis yang kuat, pertumbuhan berkelanjutan, dan tim manajemen yang mampu adalah elemen-elemen kunci yang difokuskan oleh BNI Venture Capital.

“Meskipun BNI Venture Capital masih relatif baru, investasinya dalam startup Kecilin mencerminkan komitmennya untuk memicu perubahan positif dalam lanskap kewirausahaan Indonesia,” ucap Eddi.

Kecilin adalah penyedia teknologi cloud dan kompresi pertama dan satu-satunya di Indonesia, memungkinkan setiap bisnis merasakan keuntungan dari ukuran kecil yang lebih baik. Ia menawarkan teknologi kompresi yang halus, efisien, dan sesuai dengan model teknologi modern.

BNI Venture Capital meluaskan pengaruhnya di luar investasi, berkolaborasi dengan regulator dan lembaga pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan inovasi startup. Selain itu, perusahaan modal ventura ini mendorong keberlanjutan dengan mendorong startup untuk menggabungkan praktik ramah lingkungan ke dalam model bisnis mereka, sejalan dengan tren global menuju kewirausahaan yang bertanggung jawab.

Untuk terus unggul dalam tren-tren baru, diperlukan usaha yang berkelanjutan. BNI Venture Capital mencapai ini melalui pemeliharaan jaringan yang aktif, penyelenggaraan acara, dan partisipasi dalam investasi bersama. Langkah-langkah ini menjamin bahwa perusahaan mengenali peluang investasi yang menjanjikan, yang dapat mendorong lanskap inovasi Indonesia ke arah yang lebih maju.

Bagi para pengusaha yang bersemangat mencari investasi dan dukungan dari perusahaan modal ventura seperti BNI Venture Capital, Eddi menyarankan untuk menampilkan semangat, perhatian terhadap detail, keahlian menjual, dan keterampilan membangun tim. Selain itu, startup juga perlu berfokus pada kewaspadaan keuangan jangka panjang dan jalur yang jelas menuju profitabilitas untuk menarik perhatian investor.

Eddi menyamakan antara gairahnya terhadap basket dan pendekatannya dalam kepemimpinan. Dengan merujuk pada prinsip-prinsip dasar kerja sama tim, komunikasi, dan semangat, ia menekankan pentingnya komitmen, disiplin, dan proses dalam mencapai kesuksesan – atribut penting ini terbukti tak tergantikan di kedua bidang,” jelas Eddi.

Menurut Eddi, baik di lapangan basket atau dalam ranah modal ventura, hasil akhir yang terjadi bisa berupa kemenangan atau kekalahan. Akan tetapi, penerapan proses latihan yang terasah dengan baik terbukti menjadi cara yang baik untuk meningkatkan kemungkinan mencapai kinerja puncak.

Di industri modal ventura, Eddi sendiri secara aktif mendorong keragaman dan inklusi dengan merekrut, membimbing, dan membina bakat muda dan beragam. Dengan memberdayakan anggota tim dan mendorong budaya pembelajaran dari kesalahan, ia menciptakan lingkungan di mana mengambil risiko dan pengambilan keputusan berkembang.

Komitmennya terhadap pembelajaran berkelanjutan, termasuk mengajar di Binus Business School, berkontribusi pada ketahanannya dan kemampuan untuk menghadapi masa-masa sulit. Perjalanannya dari dunia keuangan tradisional hingga ke garda terdepan revolusi startup Indonesia adalah bukti kekuatan ketahanan, inovasi, dan pengejaran gairah.

Perjalanan Eddi ditandai oleh berbagai pelajaran berharga. Tetapi, jika melihat ke belakang, katanya, “Saya akan menyarankan kepada diri saya yang lebih muda untuk mengambil lebih banyak risiko, menemukan kebahagiaan dalam hidup, dan merangkul tawa.”

Lanskap startup Indonesia adalah bukti ketekunan, adaptabilitas, dan semangat yang teguh dari negara ini. Peran strategis BNI Venture Capital dalam membina startup, mendorong inovasi, dan menggerakkan pertumbuhan ekonomi memperkuat potensi Indonesia untuk muncul sebagai pemimpin global dalam teknologi dan kewirausahaan.

Menyongsong masa depan, BNI Venture Capital membayangkan masa depan dengan ekosistem startup dan investor yang berkembang pesat di Indonesia. Perusahaan ini bertujuan untuk mendorong kuantitas dan kualitas dalam startup sembari secara aktif menggerakkan daya tarik melalui kolaborasi di dalam Grup BNI. Komitmen ini menegaskan dedikasi BNI Venture Capital untuk memicu pertumbuhan dan kemakmuran Indonesia dalam mengedepankan teknologi dan inovasi.

Saat negara ini berharap pada masa depan yang lebih cerah, kemitraan antara BNI Venture Capital dan startup Indonesia memberikan janji untuk membuka jalan bagi era dinamis kemajuan, kreativitas, dan kolaborasi. Dalam semangat ini, kemitraan antara BNI Venture Capital dan startup Indonesia melangkah sebagai tonggak penting. Memberikan harapan akan perkembangan yang lebih cemerlang, kemitraan ini memiliki potensi untuk menjadi pendorong utama bagi perubahan positif di lanskap bisnis dan inovasi.

Dengan fokus pada pertumbuhan bersama, pencapaian luar biasa dapat terwujud saat keduanya bersatu untuk mewujudkan visi gemilang Indonesia dalam teknologi dan kewirausahaan. Bersama-sama, mereka berjanji untuk membawa perubahan berarti dan mewarnai perjalanan menuju masa depan yang penuh dengan peluang dan prestasi.

PARTNER

Qlik’s vision is a data-literate world, where everyone can use data and analytics to improve decision-making and solve their most challenging problems. A private company, Qlik offers real-time data integration and analytics solutions, powered by Qlik Cloud, to close the gaps between data, insights and action. By transforming data into Active Intelligence, businesses can drive better decisions, improve revenue and profitability, and optimize customer relationships. Qlik serves more than 38,000 active customers in over 100 countries.

PARTNER

CTC Global Singapore, a premier end-to-end IT solutions provider, is a fully owned subsidiary of ITOCHU Techno-Solutions Corporation (CTC) and ITOCHU Corporation.

Since 1972, CTC has established itself as one of the country’s top IT solutions providers. With 50 years of experience, headed by an experienced management team and staffed by over 200 qualified IT professionals, we support organizations with integrated IT solutions expertise in Autonomous IT, Cyber Security, Digital Transformation, Enterprise Cloud Infrastructure, Workplace Modernization and Professional Services.

Well-known for our strengths in system integration and consultation, CTC Global proves to be the preferred IT outsourcing destination for organizations all over Singapore today.

PARTNER

Planview has one mission: to build the future of connected work. Our solutions enable organizations to connect the business from ideas to impact, empowering companies to accelerate the achievement of what matters most. Planview’s full spectrum of Portfolio Management and Work Management solutions creates an organizational focus on the strategic outcomes that matter and empowers teams to deliver their best work, no matter how they work. The comprehensive Planview platform and enterprise success model enables customers to deliver innovative, competitive products, services, and customer experiences. Headquartered in Austin, Texas, with locations around the world, Planview has more than 1,300 employees supporting 4,500 customers and 2.6 million users worldwide. For more information, visit www.planview.com.

SUPPORTING ORGANISATION

SIRIM is a premier industrial research and technology organisation in Malaysia, wholly-owned by the Minister​ of Finance Incorporated. With over forty years of experience and expertise, SIRIM is mandated as the machinery for research and technology development, and the national champion of quality. SIRIM has always played a major role in the development of the country’s private sector. By tapping into our expertise and knowledge base, we focus on developing new technologies and improvements in the manufacturing, technology and services sectors. We nurture Small Medium Enterprises (SME) growth with solutions for technology penetration and upgrading, making it an ideal technology partner for SMEs.

PARTNER

HashiCorp provides infrastructure automation software for multi-cloud environments, enabling enterprises to unlock a common cloud operating model to provision, secure, connect, and run any application on any infrastructure. HashiCorp tools allow organizations to deliver applications faster by helping enterprises transition from manual processes and ITIL practices to self-service automation and DevOps practices. 

PARTNER

IBM is a leading global hybrid cloud and AI, and business services provider. We help clients in more than 175 countries capitalize on insights from their data, streamline business processes, reduce costs and gain the competitive edge in their industries. Nearly 3,000 government and corporate entities in critical infrastructure areas such as financial services, telecommunications and healthcare rely on IBM’s hybrid cloud platform and Red Hat OpenShift to affect their digital transformations quickly, efficiently and securely. IBM’s breakthrough innovations in AI, quantum computing, industry-specific cloud solutions and business services deliver open and flexible options to our clients. All of this is backed by IBM’s legendary commitment to trust, transparency, responsibility, inclusivity and service.